Home » » Senioritas!

Senioritas!

Written By Tole ne Toudano on Rabu, 18 Januari 2012 | 06.42

Senioritas berasal dari kata dasar senior, yang artinya, lebih dahulu, lebih menguasai atau lebih awal sedangkan akhiran -itas dalam kamus bahasa indonesia bisa berupa pengakuan atau pencapaian maupun suatu susunan.



Didalam konteks pendidikan, senior diartikan sebagai yang lebih dahulu menempuh jalur pendidikan, baik sebagai "abang" tingkat maupun lamanya menempuh pendidikan.

Apakah fungsi senioritas dalam pendidikan akademis yang bersifat militer maupun semi militer?..sistim Senioritas dinilai mampu memberikan didikan tambahan di luar didikan formal. Seperti pembinaan secara langsung oleh senior, dengan cara masing-masing tentunya. Dan apakah manfaatnya?

Penekanan yang diberikan dalam hal ini adalah terciptanya kepatuhan dalam pendidikan, baik secara pembinaan mental dan fisik secara "keras" dan kadang dianggap kurang manusiawi!

Ya! kurang manusiawi, ..tapi "sejarah" telah membuktikan, bahwa didikan yang "keras" akan membentuk "yunior" yang "keras" pula, tahan banting dan tidak cengeng!! karena dalam kenyataannya dunia kerja maupun dunia luar adalah lebih "keras" daripada didikan senior itu sendiri!

Sungguh amat disayangkan, bila hal ini sudah amat dikurangi di dalam pendidikan, apalagi yang berbasis kerja di laut, yang notabene banyak mengandalkan kekuatan mental dan daya tahan kejiwaan.

Harus kita akui bahwa menjalani didikan seperti itu sering pahit dirasakan, sering dianggap tidak berguna dan hanya menunjukkan keegoan senior..akan tetapi manfaatnya, saudara alumniku, senior maupun yunior, adalah terasa setelah kita menempuh dunia yang sebenarnya..pahit dan getirnya akan terasa lebih mudah!

Sesungguhnya suatu ikatan akademis akan terus ada, bila hal ini terus dijaga. karena segala yang "pahit"dan manis akan terus diingat sebagai kenangan, hingga akhirnya menjadi cerita lucu dan nostalgia di kemudian hari...(admin)

APB JAYA!!!
Share this article :

2 komentar:

  1. setuju...
    tp kykx skrg didikan di APB sdh tdk kyk dlu lg,...

    BalasHapus
  2. Sistem bisa sja berubah dikarenakan perkembangan jaman dan tidak musti harus begitu terus,tetapi yg pling penting mampu mengembangkan pola pikir dan wawsan yg sesuai jamannya..tnpa mengurangi rasa solidaritas trhdap seniornya..thanks

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FORUM ALUMNI APB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger