Home » » APB Wisuda 86 Lulusan Profesional Perikanan

APB Wisuda 86 Lulusan Profesional Perikanan

Written By Tole ne Toudano on Senin, 15 Oktober 2012 | 06.00

Akademi Perikanan Bitung mewisuda 68 taruna program Diploma III tahun akademik 2011/2012, di Balai Taruna APB Bitung, Jumat (13/7).
Terpilih sebagai taruna terbaik (Adhy Widya Taruna) adalah Sdr. Simon Mandak (Prodi TPI) dan Sdr. Triko Devis Rembet (Prodi MPP).

Pada Wisuda kali ini, pengalungan gordon dialakukan oleh Staf Ahli Menteri KP bid Ekologi dan Sumberdaya Dr. Ir. Dedy H. Sutisna, MS yang mewakili Kepala BPSDM-KP dan penyerahan ijazah oleh Direktur APB Ir. Samuel Hamel, M.Si serta orasi ilmiah dibawakan oleh Dr. Ir. H. Syafril Fauzi, M.Sc (Sesditjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan)/.



 Walikota Bitung Hanny Sondakh sedang menyampaikan kata sambutan
Satu diantara wisudawan Muhamad Fauzi saat proses wisuda dilaksanakan menitikan air matanya. Apalagi saat mendengarkan kata-kata sambutan dari orangtua asuh mereka di kampus yang berada di Kelurahan Aertembaga II, Kecamatan Aertembaga ini. "Kelulusan ini akan kupersembahkan kepada orangtua saya," kata Fauzi.

Fauzi yang merupakan mantan Ketua Senat Taruna ini terpilih sebagai penerima penghargaan Adhy Karya Taruna (Taruna Teladan), mengatakan dirinya berasal dari Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Ia merupakan duta daerahnya untuk belajar di AP-Bitung. Menurutnya, setelah menamatkan pendidikan di AP-Bitung, dirinya akan melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. "Kebetulan dalam wisuda saya menerima penghargaan Adikarya Taruna dibidang kedisiplinan," ujar Fauzi.

Sementara itu perasaan senang diperlihatkan oleh Ronaldi Yusdi satu diantara wisudawan lainnya, yang mengaku usai diwisuda akan langsung mencari pekerjaan. Hal ini dilakukannya untuk membantu orangtuanya yang telah banyak berkorban untuk dirinya selama belajar di AP-Bitung. "Kita jangan melupakan jasa orangtua yang sudah menyekolahkan hingga bisa lulus seperti saat ini," tutur Yusdi.

Ada banyak hal yang ia rasakan selama menimba ilmu di AP-Bitung. Suka dan duka dirasakannya bersama taruna lainnya yang datang dari berbagai latar belakang budaya.  "Paling seru saat praktek di kapal," tambahnya.

Direktur AP-Bitung, Ir. Samuel Hamel, M.Si, mejelaskan dalam kegiatan wisuda turut dihadiri oleh tamu undangan diantaranya : Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumberdaya Dr. Ir. H. Dedy Heryadi Sutisna, MS, Wali kota Bitung Hanny Sondakh, Dr. Ir. H. Syafril Fauzi, M.Sc (Sesditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan) dan Kapusdik KP Dr. Ir. I Nyoman Suyasa, MS serta para tamu undangan penting lainnya. Ia berharap Taruna lulusan APB Bitung bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. "Mereka yang di wisuda terdiri dari keahlian Teknologi Penangkapan Ikan sebanyak 61 lulusan  dan 25 lulusan untuk keahlian Mesin dan Peralatan Perikanan," ucap Samuel.

Dijelaskannya para Taruna yang diwisuda telah melalui tahap - tahap evaluasi, mulai dari semester I hingga ujian akhir program komprehensif yang dilaksanakan tanggal (18/6) lalu. "Sehingga dengan demikian mereka yang lulus akan memperoleh ijasah DIII, Sertifikat ANKAPIN I untuk program studi Teknologi Penangkapan Ikan dan ATKAPIN I untuk program studi Mesin dan Peralatan Perikanan, Basic Safety Training ( BST ), sertifikasi kompetensi penangkapan ikan dan beberapa lulusan telah memiliki sertifikat Proficiency in Survival Craft dan Rescue Boats ( PSCRB ), Advance Fire Fighting ( AFF ) serta Medical First Aid ( MFA)," tuturnya.

Wali kota Bitung Hanny Sondakh dalam sambutanya berharap para lulusan APB bisa menjaga nama baik Akademi ini. "Karena sepengetahuan saya untuk masuk dis ini gratis hanya seragam yang dibayar. Terutama Taruna yang dari luar kota Bitung, dimana orang tuanya sudah rela hadir di kota Bitung untuk mengikuti pelaksanaan acara wisuda sang anak dengan harapan sang anak bisa jadi yang terbaik," tandas Sondakh.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FORUM ALUMNI APB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger