Home » » KEPALA BPSDMKP WISUDA 90 TARUNA AKADEMI PERIKANAN BITUNG

KEPALA BPSDMKP WISUDA 90 TARUNA AKADEMI PERIKANAN BITUNG

Written By Tole ne Toudano on Rabu, 28 Desember 2011 | 07.26



Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Prof.Ir. Sjarief Widjaja, P.hD, FRINA didampingi Kepala Pusat Pendidikan Keluatan dan Perikanan Dr.Ir. I Nyoman Suyasa, MS dan Direktur Akademi Perikanan Bitung Ir. Samuel Hamel, M.Si melaksanakan wisuda bagi 90 taruna APB dalam suatu sidang terbuka senat Akademi Perikanan Bitung TA. 2010/2011 pada hari kamis, tanggal 21 Juli 2011.




Direktur APB dalam laporannya menyampaikan bahwa ke 90 taruna yang di wisuda tersebut terdiri dari 60 taruna Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan dan 30 taruna Program Studi Mesin Peralatan Perikanan. Ditambahkannya bahwa ke- 90 lulusan tersebut sudah melalui tahap-tahap evaluasi, mulai dari semester I hingga semester VI dengan melaksanakan Kerja Praktek Akhir (KPA) di beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali, Sorong, Trenggalek, Probolinggo, Bitung serta telah mengikuti Seminar Hasil KPA dan Ujian Akhir Program (Komprehensif). Dengan demikian lulusan Akademi Perikanan Bitung akan memiliki ijazah diploma III (A.Md), sertifikat ANKAPIN I untuk Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan dan ATKAPIN I untuk Program Studi Mesin dan Peralatan Perikanan serta sertifikat Basic Safety Training (BST). “Kami berharap lulusan APB berkualifikasi Ahli Madya Perikanan sebanyak 90 orang ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan pengusaha dalam upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan” tegas Ir. Samuel Hamel, M.Si.



Kepala BPSDMKP Prof.Ir. Sjarief Widjaja, P.hD, FRINA dalam sambutannya mengatakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan oleh KKP pada intinya membentuk 3 (tiga) karakter, yaitu (1) membangun kedisiplinan yang tinggi (semi militer) melalui pengawasan 1 x 24 jam di lingkungan kampus; (2) membangun jiwa bahari (kecintaan terhadap laut); dan (3) membangun intelektual (kompetensi) yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Ketiga hal inilah yang membedakan dengan sistem pendidikan perguruan tinggi lainnya. Oleh karenanya beliau meminta kepada seluruh lulusan APB untuk sungguh-sungguh mengimplentasikan ilmu yang diperoleh saat bekerja nanti dalam rangka pengembangan sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu Pemerintah Kota Bitung yang diwakili oleh Wakil Walikota Bitung Max Lomban, SE, M.Si dalam sambutannya mengharapkan kepada para lulusan Akademi Perikanan Bitung untuk dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan sektor perikanan di daerah ini. “Melalui wisuda ini pula, saya mengharapkan adanya peningkatan kualitas baik tenaga pengajar maupun mutu lulusannya, sehingga Akademi Perikanan Bitung dapat menjadi alternatif utama bagi calon mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu dalam bidang perikanan” demikian kata Wakil Walikota Bitung.



Dalam wisuda angkatan XI kali ini, tampil sebagai lulusan terbaik penerima Adi Widya, yaitu Alexander Sarumaha, A.Md dari Program Studi TPI dan Putu Asmaradana, A.Md dari Program Studi MPP sedangkan penerima Adi Karya yaitu Farid Irawan, A.Md dari Program Studi TPI.Pada acara tersebut diisi pula dengan penyampaian Orasi Ilmiah oleh Hetty M.P. Ondang, S.Pi, M.Si dengan judul “Kawasan Minapolitan Kota Bitung Mengangkat Derajat Hidup Pelaku Utama Perikanan” dan beberapa kegiatan strategis lainnya, yaitu :

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Akademi Perikanan Bitung dengan beberapa lembaga pendidikan, yaitu : SMK Negeri 3 Bitung, SMK Pelayaran Pelita Bahari Bitung, dan SMK Polaris Bitung tentang Penyelenggaraan pelatihan siswa, diklat dan magang guru.
Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Akademi Perikanan Bitung dengan PT. Fadhil Jaya Samudera Indo tentang Penyelenggaraan praktek taruna dan perekrutan alumni APB. Dari hasil kesepakatan kerjasama ini, 60 orang alumni APB telah direkrut untuk bekerja di kapal-kapal perikanan moderen (trawler, long liner, purse seiner) dengan fishing ground di Eropa dan Amerika Latin
Penyerahan kembali alumni dari Akademi Perikanan Bitung kepada Pemerintah Kabupaten Asmat (Papua).

Dengan diwisudanya para lulusan ini diharapkan dapat tercipta SDM unggul yang profesional di sektor kelautan dan perikanan untuk mendukung strategi utama KKP, khususnya dalam memperkuat kelembagaan dan SDM secara terintegrasi serta meningkatkan produktivitas dan daya saing berbasis pengetahuan
Share this article :

2 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FORUM ALUMNI APB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger